Another Templates

Tuesday, 30 October 2012

Gunung Padang

I'm sooo lucky, punya keluarga yang suka tanpa sebab yang jelas, nggak pake rencana, tiba-tiba pergi jalan-jalan ke tempat-tempat yang nggak biasa. Sebenernya sih, bukan jalan-jalan yang jauh juga. So, realistis aja sih, nggak yang tiba-tiba ke Bali atau tiba-tiba ke Phuket kaya kebanyakan orang lainnya (karena biaya tetap jadi pertimbangan pertama :D ). Cuma sekitaran Jawa aja, whoops Jawa Barat tepatnya :p. Nggak jauh-jauh dari Jakarta lah, tapi bukan berarti di sekitar puncak yah, (masih ada ya orang yang mau jalan-jalan ke puncak, padahal di puncak ada apa sih? hehe...)

Anyway, aku yakin sebenernya banyak yang tahu tempat-tempat unik di sekitaran Jawa Barat. Misalnya, Kampung Naga, situs-situs air terjun, Gunung api yang masih aktif, Gua-gua bawah tanah, Pantai lindung dan lainnya. Tapi seberapa banyak sih orang-orang yang mau ke tempat-tempat itu?

Nah, setelah tahun kemarin tiba-tiba ke Ujung Genteng, kali ini aku dan keluarga tiba-tiba jalan-jalan ke Gunung Padang, situs peninggalan megalitik kerajaan Pasundan. Sayangnya, kemaren cuma bawa senjata kamera pocket. So, cuma dapet segini aja:

1. Jalan dari Sukabumi - Sukaraja - Gunung Padang, walau jalan utamanya kecil (cuma 1 mobil), berbatuan besar, dan super nanjak, tapi kiri kanan pemandangannya hamparan kebun teh.

2. Nah ini pintu naik ke gunung padang. Posisinya sekitaran 500 meter dari puncak gunung.

3. Liat aja tangga naiknya, ini sekitar 25%, ke atasnya ya masih jaaauhhh... Tips penting ke Gunung Padang: Bawa topi dan kipas, bawa banyak air minum dan yang paling penting jangan naik jam 12 siang ^_^

4. Ini view dari puncaknya, tingkat pertama dari keseluruhan bangunan reruntuhan kerajaan.

5. Diantara batu-batuan reruntuhan, ada batu yang merupakan peninggalan gamelannya orang dulu. Tapi nggak boleh di pukul :D, jadi cuma pura-pura aja yah, hehehe...

6. Nah, kalau ini sisi samping puncak reruntuhan. Kalau diperhatikan batu-batu ini bentuknya segilima semua. Gimana caranya orang dulu bawa batu segini banyak ke gunung setinggi itu ya?

7. Tapak Kujang. Kujang itu senjata orang sunda. Kalau di Jawa senjatanya Keris, kalau di Jawa Barat nama senjatanya Kujang. Pertanyaannya, bagaimana Kujang bisa tercetak di batu? Cuma orang dulu yang tahu :p

8. Sebenernya, cerita lengkap mengenai reruntuhan batu-batu yang katanya umurnya 4500 sebelum masehi ini, diceritain lengkap sama petugasnya. Sayangnya, Aku sibuk foto-foto, dan karena ceritanya panjangg bangeett... jadi lupa deh, :p


Sebetulnya, reruntuhan di puncak gunung itu, adalah sebagian kecil dari kerajaan sunda yang runtuh. Di bawah gunung katanya sudah ditemukan pintu (gua) masuk ke bagian dalam reruntuhan itu. Mitosnya, di dalamnya ada harta karun yang di jaga sama ular besar! Wooww...

Tapi belum ada yang pernah masuk ke gua tersebut, termasuk si penemu gua yang katanya turunan dari kerajaan sunda itu. Aseli, lokasinya nggak jauh kok, dari Sukabumi sekitar 40 menit, kalau dari Jakarta sekitar 3 jam. Nah, sekarang siapa yang mau nyari harta karun? Butuh guide? ^_^

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More